Kamis, 25 April 2013

PROFIL DESA INDONESIA


Profil Desa Muaro Tobek
Muaro Tobek adalah desa yang berada di Kecamatan Pucuk Rantau, Riau dengan jumlah penduduk sekitar 937 Jiwa jumlah KK sebanyak 389. Pertumbuhan ekonomi Desa Muaro Tobek masih dikatakan rendah, terlihat dari gedung-gedung yang belum memadai dan mata pencaharian penduduk, sebagian besar adalah bertani karet dan sawit, asset yang dimiliki penduduk adalah tanah yang sudah ditanami oleh karet dan sawit, dengan alat yang sederhana seperti alat untuk memanen sawit dan alat untuk memanen padi (sabit) dengan ke lokasi menggunakan kendaraan (roda dua dan roda empat), berjalan kaki.
            Adat istiadat masyarakat tempatan adalah masih berlakunya budaya lama tidak boleh sembarangan memasuki hutan dan menebang pohon sialang, mengenai konflik antar warga tidak pernah terjadi di desa, hanya konflik dengan hewan pengrusak tanaman seperti babi dan tikus, terkadang gajah yang memasuki perkebunan ketika akan mencari makan, sehingga menyebabkan rusaknya tanaman warga.
            Berkebun dan bercocok tanam sudah menjadi kebiasaan masyarakat, hanya kebisaan gotong royong sudah mulai hilang karena urusan pribadi lebih di utamakan oleh warga karena mengingat perkerjaan yang menyebabkan warga lebih banyak menghabiskan waktunya untuk berkebun, sehingga untuk menghimbau warga untuk bergotong royong sangat lah sulit.
            Dalam masyarakat pendidikan sangatlah penting untuk menunjang perekonomian di masa yang akan datang dan tingginya tingkat pendidikan dapat terlihat dari perekonomian masyarakat, makin tinggi perekonomian masyarakat maka akan mudah pula untuk mengenyam pendidikan, mengingat dalam dunia pendidikan hanya dapat bantuan dari pemerintah 9 tahun dan untuk jenjang yang lebih tingginya tergantung dari tingkat perekonomian yang dimiliki oleh suatu masyarakat untuk Desa Muaro Tobek pendidikan dikatakan rendah dengan belum adanya gedung sarana pendidikan. Selain pendidikan bangunan rumah dan luas pekarangan rumah menjadi acuan untuk mengetahui tingkat perekonomian dan pendidikan masyarakat, dimana sebagian besar masyarakat mempunyai perkarangan rumah dengan luas sekitar 75m2 sampai dengan 200m2 dan sebagian besar rumah penduduk semi permanen.
            Budaya masyarakat Desa Muaro Tobek adalah budaya Jawa dimana nilai-nilai lama masih di pegang oleh masyarakat, walaupun sudah memulai memudah akibat perkembangan zaman, salah satunya yang masih ada adalah kuda lumping yang sampai saat ini masih menjadi hiburan warga setempat. Adapun harapan warga seandainya suatu saat nanti ada perusahaan yang datang masuk desa adapun harapan masyarakat tempatan adalah adanya lapangan pekerjaan, jalan,bantuan dalam perekonomian warga.
            Kesehatan masyarakat sangatlah penting mengingat cuaca kerap kali berubah adapun penyakit yang seing di derita oleh masyarakat tempatan adalah demam, diare, alergi dan lain-lain sebagainya dan untuk sarana kesehatan di desa ini salah satunya adalah pukesmas pembantu.

0 komentar :

Posting Komentar