Jumat, 26 April 2013

OTAK MANUSIA


Bila anda mendengar kata otak, apa yang muncul dalam pikiran anda? Apakah anda langsung teringat kawan saat sekolah dulu yang otaknya sedemikian encer (pintar) hingga otaknya bisa mengalir keluar dari telinganya? Apakah anda teringat kawan anda yang dijuluki otak udang? Atau kalau anda seperti saya, begitu mendengar kata otak saya langsung teringat sejenis makanan khas makasar yaitu OTAK-OTAK
FAKTA MENGENAI OTAK
Otak manusia terdiri dari sekitar 72-78% air, 10-12% protein dan 8-10% lemak. Otak orang dewasa beratnya sekitar 1,4 kg atau sekitar 2% dari total berat tubuh. Otak wanita lebih sedikit lebih ringan 100 hingga 150 gram dari otak pria. Otak bekerja secara nonstop walaupun kita sedang tidur. Walaupun bertanya hanya sekitar 2% dari berat tubuh, otak ternyata mengkonsumsi sekitar 20% dari suplai oksigen tubuh, 20% dari kalori yang kita butuhkan.
                Saat dilahirkan, kita dilengkapi otak yang luar biasa. Satu organ yang terdiri dari 1 triliun sel otak. Dari 1 triliun ini, 100 miliar adalah sel otak aktif dan 900 miliar sel otak pendukung. Semua manusia lahir dibekali jumlah sel otak yang sama banyak. Tidak ada yang diberi lebih banyak atau lebih sedikit. Namun yang harus disadari adalah jumlah yang sedemikian banyak hanyalah berupa potensi yang harus kita kembangkan. Sebagai perbandingan, jumlah sel otak lebah 6.000, lalat buah 100.000, tikus 5 juta dan monyet 10 milyar.
                Kecerdasan manusia tidak hanya ditentukan semata oleh jumlah sel otak yang ia miliki tetapi lebih ditentukan oleh seberapa banyak koneksi yang bisa terjadi diantara masing-masing sel otak.
OTAK KIRI DAN OTAK KANAN
                Berdasarkan hasil penelitian Roger Sperry pada 1960-an, kita mengenal adanya dua hemisfir otak, hemisfir kiri dan kanan, yang mempunyai struktur dan fungsi yang berbeda.
OTAK KIRI
Hal-hal yang berurutan
Detail ke global
Membaca berdasar pada fonetik
Kata-kata, simbol, dab huruf
Terstruktur, dapat diprediksi
Focus internal
Informasi yang actual
OTAK KANAN
Acak random
Global kedetail
Membaca menyeluruh
Gambar dan grafik
Melihat dulu atau mengalami sesuatu
Belajar spontan dan alamiah
Focus eksternal
Kedua hemisfir ini dihubungkan oleh sebuah jembatan komunikasi, corpus callosum yang terdiri dari 100.000.000 (seratus juta) sel otak.

0 komentar :

Posting Komentar