Jumat, 26 April 2013

JANGAN POTONG KUKU DI MALAM HARI?????




Memiliki kuku panjang dan indah menjadi trend yang kini sangat diminati banyak wanita. Begitu juga dengan pria, terkadang dengan alasan-alasan tertentu mereka sengaja tidak memotong kukunya hingga kuku-kukunya terus memanjang.

Bagi orang islam, memotong kuku memang salah satu sunah yang telah diperintahkan oleh nabi Muhamad SAW sejak zaman dulu. Dan tentu saja, selain untuk menjaga kebersihan anggota badan, memotong kuku juga ternyata memiliki banyak banyak manfaat. Dan berikut ini beberapa alasan kenapa kita perlu memotong kuku:
1.    Memotong kuku dapat menghindari kita dari penyakit pencernaan dan penyakit mata.
Mikroba Patogen merupakan perantara penyebaran penyakit, terutama penyakit pencernaan dan penyakit mata. Yang mengerikan, mikroba jenis ini sering bersarang pada kuku kita, terutama kuku yg panjang, bersamaan dengan kotoran lainnya. dan pastinya, kuku yg panjang menjadi sarana yg secara tidak langsung akan “mempertemukan” kita dengan berbagai jenis penyakit.


2. Memotong kuku dapat mencegah kita dari berbagai macam infeksi. Dengan memotong kuku yg melebihi jari, maka bagian kulit di bawah kuku dapat mudah dibersihkan, tidak cacat, dan jari-jari kita dapat mudah bekerja secara maksimal. Dengan kuku yg panjang, aktivitas kita dapat terganggu dan mungkin juga interaksi kita dengan orang lain menjadi kurang leluasa.


3. Dengan memotong kuku berarti kita mencegah penularan penyakit kepada orang lain. Kuku yang kotor menyimpan banyak kuman dan bakteri yang dapat masuk ke dalam tubuh melalui makanan yang dikonsumsi. Jika tangan dan kuku kita kotor lalu berjabat tangan dengan orang lain, bukan tidak mungkin jika orang tersebut terkena penyakit karena bakteri yang berasal dari kuku kita.

Jadi sebagai seorang muslim, selain menjalankan sunah rosul, memotong kukupun berarti menjaga kesehatan dan kebersihan badan kita.
Dan kenapa memotong kuku malam hari tidak diperbolehkan oleh orang-orang tua dahulu??
Mengingat menimbang dan memutuskan, kita sendiri bisa menjawabnya kok!!!
Karena dahulu belum ada penerangan yang cukup terang dibandingkan dengan zaman sekarang dan di khuatirkan kalau memotong kuku dimalam hari akan menyebabkan kecelakaan seperti luka, karena memotongnya dimalam hari.
Jadi kawan-kawan ku, memotong kuku kapanpun dan dimana pun asalkan di jalankan dengan benar pasti akan baik-baik saja. Asalkan jangan memotongnya dengan alat yang bukan seharunya.soo. ..o gunakan penyepit kuku ya.. kalau mau memotong kuku.jangan pakai yang lain.

Makasih brooo…
Selamat memotong kuku..  ..

0 komentar :

Posting Komentar